Seputar info tentang Keju

       


   Keju. Pasti Sahabat semua tahu Keju kan??? Bagi Cheese Lovers harus tahu nih berbagai informasi tentang Keju!!! Yuk disimak yah Sahabat!!!

A. Nama nama Keju

Diantaranya adalah Cheddar, Swiss Cheese, Mozarella, Blue Cheese, Gouda, Edam & Parmesan. 

Cheddar

Swiss Cheese

Mozarella
Blue Cheese
Gouda
Edam

Parmesan


B. Info tentang Keju

Cheddar        : Berasal dari Inggris & sangat populer di Indonesia. Tekstusnya yang agak keras & warnanya kuning terang yang dapat menggugah selera makan Anda!! 

Swiss Cheese : Tentu saja berasal dari Swiss & mungkin nama keju ini sudah tidak asing lagi ditelinga Sahabat.

Mozarella      : Berasal dari Italia. Atasan untuk Pizza, pinggiran Pizza, & bisa dilelehkan saat masih panass (WOW Yummy!!). Yupp!! Itulah ciri ciri Keju Mozarella.  

Blue Cheese  : Mungkin keju ini terlihat seperti keju basi ??? Tapi sebenarnya bukan lho!! Berasal dari Eropa. Rasanya enak namun baunya agak menyengat. Keju ini bisa dimakan langsung.

Edam            : Sering disebut Keju Apel di Indonesia karena memang seperti Apel deh bentuknya. Berasal dari Belanda & memiliki tekstur lembut yang bisa mengeras saat didiamkan (untuk waktu yang lama).

Gouda           : Memang kelihatannya kejun ini mirip dengan keju Edam, karena keju ini juga berasal dari Belanda.

Parmesan      : Keju ini adalah keju yang juga mungkin agak populer di Indonesia. Sahabat mungkin agak biasa mendengar nama ini dari berbagai Cooking Show di TV anda. Berasal dari Italia & bertekstur keras namun enak & biasa disajikan dalam bentuk parutan.

C. Cara pembuatan Keju di Pabrik

1. Untuk membuat keju emental,gruyere,comte atau beaufort, digunakan susu sapi. Dipabrik keju, susu dituang kedalam bejana besar.

2. Kemudian, susu dipanaskan pada suhu 32 derajat celcius.
Lalu, ditambahkan tekanan yang akan mengubah susu cair menjadi gumpalan susu yang keras.

3. Gumpalan susu itu kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan ditekan. Kemudian, adonan itu dimasukkan dalam cairan garam dan akan muncul kerak yang keras.

4. Gumpalan besar keju yang selesai diolah kemudian disusun dalam gudang khusus untuk proses pematangan.

5. Untuk mengetahui apakah keju sudah siap dikonsumsi, pembuat keju akan mendengarkan "suara" dari keju dengan cara mengetuknya dengan alat khusus.

D. Darimana asalnya lubang-lubang pada keju swiss ?

Selama berada di gudang, bola udara terbentuk dalam keju. Tapi kerak bagian luar menahannnya keluar. Temperatur gudang yang panas juga mempengaruhi terjadinya lubang-lubang ini, karena keju swiss yang dimatangkan dalam gudang yang lebih dingin tidak memiliki lubang-lubang.

                                Sumber : Ensiklopedia Pintar 2, berbagai sumber di Google.


0 komentar:

Post a Comment