Tokoh islam yang menemukan pesawat terbang pertama




      Pesawat. Yah...pasti semuanya kenal dengan alat transportasi udara yang ini. Tapi, kalau lagi naik pesawat, apakah kalian pernah berpikir bahwa penemu pesawat paling pertama itu siapa ? Apakah Wright bersaudara ? Bukan !!!!
     Wright bersaudara adalah orang yang mengembangkan pesawat terbang yang dibuat Roger Bacon. Penolakan (penyembunyian) fakta prestasi ilmuwan muslim  bukanlah hal yang mengejutkan dan mengherankan karena dunia barat tidak ingin merasa berada dibawah umat muslim dalam membangun keberadaban dan ilmu pengetahuan di dunia ini. Ketika ada yang menjelaskan bahwa sebenarnya pesawat terbang adalah hasil temuan cendekiawan muslim mungkin akan ada rasa ketidakpercayaan padahal itu adalah fakta yang sebenarnya.
      Jadi, siapa dong penemu pesawat terbang pertama didunia ini? Dialah Ibnu Firnas. Ibnu Firnas terinspirasi dari kejadian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw, tetapi dia sadar bahwa manusia biasa tak mungkin bisa naik Bouraq kendaraan Nabi Saw untuk Isra’ Mi’raj, karena dia hanya manusia biasa, bukan seorang nabi. 
         Namun demikian beliau selalu memimpikan agar suatu saat manusia bisa ter -bang bebas laksana burung di angkasa.  Sekitar tahun  852 M,  Ibnu Firnas  (Armen Firman),  mulai meneliti gerak aerodinamika, fisika udara, anatomi burung dan kelelawar. Sampai pada suatu saat beliau menyimpulkan bahwa manusia bisa terbang sehingga terciptalah sebuah alat terbang yang menggunakan prinsip kepakan / lambaian sayap seperti yang ada pada burung, kelelawar atau serangga.
      Saat melakukan percobaannya di Masjid Cordoba, disaksikan oleh ribuan orang di bawahnya, lalu melompat dan melayang terbang sejauh kira-kira 3 KM dan mendarat dengan selamat.  Ribuan orang bertepuk tangan dan terheran atas ciptaannya. Namun, karena waktu itu dunia barat masih dalam masa  kegelapan sehingga menganggap hal tersebut adalah sihir  Ibnu  Firnas. 500 tahun kemudian temuan  Ibnu Firnas menjadi dasar literature Roger Bacon dalam megembangkan pesawat dan 200 tahun kemudian, tepatnya pada awal abad 19 menginspirasi Wright Bersaudara menciptakan pesawat terbang.

Jadi, sebenarnya Roger Bacon terinspirasi dari Ibnu Firnas.
Beberapa kata diambil dari : http://islam-tekno.blogspot.com 

0 komentar:

Post a Comment