3 pohon tertua didunia ??!!!

         Sahabat pasti tahu tumbuhan yang satu....yapp...!! Sebuah pohon! Di beberapa iklan di TV, ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa pohon itu : " Banyak pohon banyak rezeki ". Itulah pepatah yang tepat untuk tumbuhan ini...Tapi kita bukan mau membahas tentang julukannya si pohon.. penasaran dengan apa yang akan kita bahas ? Yuk kita simak dibawah ini...

1.Bristlecone Pine  



Bristlecone Pine adalah pohon jenis pinus yang merupakan family Pinaceae. Mayoritas spesises dari family Pinaceae ini dapat tumbuh dan berkembang di daerah tanah berpasir kapur dimana daerah tersebut tersedia banyak kandungan air dan mempunyai kadar nilai pH yang cukup rendah (kadar keasaman tinggi). Family Pinaceae tersebar ke berbagai belahan dunia meliputi Siberia, Skotlandia, Norwegia, kepulauan Canary, Filipina, Pegunungan Himalaya hingga sampai ke pelosok New Zealand, Brazil dan Chili. Spesies Pine ini merupakan pohon yang sangat bermanfaat bagi dunia Industri khususnya industri perkayuan. Tidak hanya kayu yang dapat diambil dari pohon pinus ini melainkan getah, ranting, biji, hingga daunnya pun dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Umumnya spesies pohon pinus ini umur hidupnya mencapai 100-1000 tahun, namun Great Basin Bristlecone Pine (Pinus Longaeva) ini memiliki umur 4840 tahun pada 2008 silam. Keanehan umur yang dicapai oleh Great Basin Bristlecone Pine ini akhirnya dicatat dalam rekor pohon tertua dari spesimennya.

2. Jomon Sugi


Jomon Sugi, nama unik untuk sebuah pohon cemara. Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa tempat hidup Jomon Sugi berada di negara matahari terbit, Jepang. Menurut wikipedia, Jomon Sugi merupakan pohon cemara tertua di Jepang yang baru ditemukan pada tahun 1968. Jomon Sugi memiliki tinggi sekitar 25,3 meter dengan volume 300 m3 dan diperkirakan usia Jomon Sugi mencapai 2000-7200 tahun. Bila Anda ingin melihat Jomon Sugi secara langsung silahkan berkunjung di pulau Yakushima bagian paling utara jepang yang dapat ditempuh dengan perjalanan udara dari bandar udara Kagoshima dalam waktu 40 menit.

3. Spruce Lone Norwegia


Don’t judge a book by the cover, meskipun hanya memiliki tinggi sekitar 4 meter, tetapi flora Spruce Lone Norwegia satu ini telah menjalani kehidupan selama 9550 tahun. Benar sekali, Spruce Lone Norwegia hidup sejak akhir zaman es di bumi. Spruce Lone Norwegia ditemukan para peneliti disekitar semak – semak pegunungan pada ketinggian 910 meter di provinsi Dalarna Swedia tahun 2004. Leif Kullman, profesor ekologi dan lingkungan hidup di universitas Umea mengatakan “Usia Spruce Lone Norwegia yang sangat panjang kemungkinan besar dipicu kemampuannya mengkloning diri sendiri”. Maka dari itu Pengukuran usia Spruce Lone Norwegia didasarkan pada pengukuran jejak radiokarbon yang berada diakarnya. Meskipun bertinggi 4 meter tetapi Spruce Lone Norwegia tercatat sebagai pohon tertua didunia saat ini.

Sumber informasi : http://unik.segiempat.com

0 komentar:

Post a Comment