Matahari & Bumi

   



   Matahari adalah sebuah bintang. Seperti semua bintang yang lain, matahari juga merupakan gumpalan gas yang bersuhu sangat tinggi. Gas itu bergerak dan menjadi panas.
Suhu dibagian dalam gumpalan itu lebih tinggi dibandingkan dibagian luar. Gerakan gas mengakibatkan gerakan panas pula. Panas itu berpijar dan terlihat oleh kita seperti cahaya. Matahari bersinar dan menghangatkan bumi.



     Bumi terbentuk dari beberapa lapisan bebatuan. Kita hidup dilapisan keras yang menyelubungi bumi, lapisan kulit ini terbentuk dari bebatuan keras yang menjadi kulit bumi.
Dilapisan bawahnya, suhunya sangat tinggi dan bebatuan bersifat lunak dan panas. Tepat dipusat bumi, terdapat inti bumi yang terbuat dari besi yang cair dibagian luar, tapi padat di dalam.

     Para ahli memperkirakan bahwa bumi terbentuk..... 4 milyar dan 500 tahun yang lalu. Debu-debu asteroid, dan gas yang berasal dari luar angkasa saling tarik menarik dan membentuk gumpalan. Zat-zat yang lebih berat terkumpul dibagian tengah. Yang lebih ringan, seperti gas, menyelimuti bumi dan membentuk atmosfer yang berguna untuk kita bernafas.



Fakta unik !!!
Dialam ini, semua benda terbentuk dari elemen-elemen yang sangat kecil yang bernama atom. Atom-atom saling kait mengait dan menjadi zat dan bentuk dari benda-benda: batu, ganggang, tanaman, burung, pohon.

Sumber : Buku ensiklopedia pintar 2

0 komentar:

Post a Comment